Tuesday, October 3, 2017

TIPS & TRIK MODIFIKASI RINGAN MOBIL ANDA

Posted By: Mega Auto Film - October 03, 2017
TIPS & TRIK MODIFIKASI RINGAN MOBIL ANDA.

Bila Anda sudah bosan dengan penampilan mobil Anda yang lugu dan itu-itu saja, tetapi Anda masih merasa sayang untuk menjualnya, itu tandanya sudah saatnya Anda “meremajakan” tampilan mobil Anda, sekarang!


Merubah tampilan mobil tidak harus selalu dengan cara yang membosankan, yaitu dengan cara sekedar “mencantumkan”  aksesories-aksesories pasaran di sekujur badan mobil. Justru hal ini, tanpa Anda sadari, malahan bisa membuat “mata pedih” bagi orang yang memandangnya yang lalu muncul beragam persepsi dari orang-orang tentang mobil Anda, bahkan bisa merembet ke kepribadian Anda, pemiliknya. Bisa-bisa mobil dan diri Anda dianggap: culun habeeezzz, kampungan, salah kostum, norak, alay lebay, kekanak-kanakan (atau ke bapak-bapakan, hehe...), selebor, tidak punya taste, taste rendah, mati gaya, tidak kreatif, OKB (orang kaya baru), dll., tanpa mereka sadari, bahwa Anda sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkan semua itu.

Untuk menghindari penilaian yang tidak nyaman di atas, maka sebelum Anda memodifikasi tampilan mobil Anda, diharapkan Anda sudah memiliki KONSEP terlebih dulu. Maksudnya, pikirkan dulu gaya, tema, kesukaan dan keinginan yang Anda ekspresikan tentang diri Anda melalui modifikasi tampilan mobil yang baru. Sesudah Anda temukan konsep modifikasi yang Anda inginkan, barulah Anda bertindak lebih lanjut untuk segera mewujudkan mobil dengan tampilan baru, sesuai cita-cita dan budget Anda tentunya.

Toyota YARIS Sebelum dan Sesudah Modifikasi 


Beberapa konsep modifikasi yang bisa Anda pilih, antara lain: GAUL, SPORTY, PRO-STREET RACING, RALLY, OFF ROAD, HOT ROD, DUB, ELEGANT, MINIMALIS, TOURING, DTM, JDM, DRAG RACER, RETRO, WET LOOK, OLD SCHOOL, BLINK-BLINK, dll. Inspirasi konsep ini bisa dapat Anda gali dari beberapa sumber: media cetak, film, internet, teman-teman, komunitas, pameran, dll.





Ada 2 macam modifikasi mobil, yaitu: modifikasi ringan dan modifikasi berat.  Dari segi biaya, modifikasi ringan umumnya masih masuk akal dan aman bagi isi dompet, sedangkan modifikasi berat, umumnya biaya yang harus dikeluarkan sangatlah tidak masuk akal dan bersifat tanpa batas. Maklum yang dikejar adalah passion, misal: harga velg-nya saja bisa 2x lipat harga mobinya, harga sound system lebih mahal dari harga mobilnya, dsb.
Namanya juga modifikasi ringan, jadi yang dimodifikasi juga ringan-ringan saja dengan ongkos diusahakan tetap ringan buat dompet di kantong.  hehehe :D


Bentuk Modifikasi Ringan, sbb :

PRO STREET RACING


Modifikasi tampilan luar, dapat meliputi: aplikasi stiker/ air brush, “baju”/ body kits, sayap/ spoiler belakang, knalpot racing, Velg besar & ban lebar, mencopot emblem-emblem yang dirasa tidak perlu, modifikasi area grill, rumah kaca spion.

Modifikasi tampilan dalam, dapat meliputi: lingkar stir racing, Optimalisasi Sound System Mobil, panel instrument, ganti cover panel & jok, ganti kaca film.

Note:
Pada mobil masa kini, SRS airbag yang terpasang di stir oleh pabrikan, merupakan kendala tersendiri dalam mengganti model lingkar stir sesuai keinginan. Jadi abaikan modifikasi lingkar stir ini, kecuali bila dari pabriknya memang non airbag.

Modifikasi pada  area suspensi yang dapat diaplikasikan, yaitu: adjustable suspension, suspension strut bar dan suspension stabilizer bar.

Untuk area engine relatif tidak ada modifikasi sama sekali, tapi boleh juga bila Anda tertarik untuk mencoba aplikasi turbo accelerator semacam Proxima, open air filter, busi racing, knalpot racing. Selain itu Anda bisa mengganti oli mesin yang biasa Anda pakai dengan oli mesin high performance fully synthetic, misal: MOTUL H-Tech 100 Plus SAE 5W-30 atau CASTROL EDGE SAE 5W-40. Anda akan bisa rasakan bedanya! Untuk engine yang masih memakai karburator, modifikasi ringan engine jenis ini lebih bebas dilakukan.

Pengalaman saya memakai knalpot racing jenis freeflow, berbahan stainless steel dengan tiruan model Br*bus laras ganda, selain menghasilkan suara deruman bass yang merdu juga mampu menghasilkan tarikan mesin yang lebih spontan. Yang mengejutkan lagi konsumsi BBM nya menjadi lebih hemat (dari rata-rata 11 KM/lt menjadi 13.5 KM/lt), meskipun mobil ini sering saya bawa melaju kencang (> 175 KM/jam) di jalan tol.

LANGKAH MODIFIKASI MOBIL 

Menentukan konsep modifikasi. Untuk pemula, paling mudah memilih sporty karena semua bahan tersedia  di pasaran, baik yang genuine maupun KW. Jadi tinggal pilih, bayar dan pasang!

Mencari dan mengumpulkan  inspirasi modifikasi dari majalah-majalah, film, internet, dll.
Sebelum belanja, sebisa mungkin simulasikan dulu konsep modifikasi Anda dengan bantuan Membuat beberapa simulasi, minimal 3 model simulasi.

Memutuskan hasil final simulasi yang telah Anda lakukan. Cara memutuskan pilihan, yaitu dengan memilih yang terbaik dan sangat berkenan di hati, dari beberapa hasil simulasi yang telah Anda lakukan.

Meminta masukan dari pihak lain, misal: teman/ saudara yang “ngerti seni”, modifikator berpengalaman, tuner ahli, dll. Dari masukan yang ada segera matangkan hasil final modifikasi Anda.

Setelah cukup matang, maka Anda bisa mulai membuat daftar belanja yang berisi daftar parts dan komponen modifikasi yang harus dibeli, dilimpahkan pekerjaannya atau dipesan untuk pembuatannya.

Memilih urutan pekerjaan, agar kerusakan atau kejadian pekerjaan ulang dapat dihindarkan. Cara mengurutkan dengan selalu mendahulukan pekerjaan yang lebih menghebohkan, misal: pemasangan “baju” baru dulu, lalu pekerjaan jok dan interior dan terakhir pemasangan sound system dan seterusnya, sesuai kebutuhan.

Mulai berburu untuk mencari parts dan komponen modifikasi, mencari  bengkel fibre glass, bengkel audio, bengkel cutting sticker/ air brush, bengkel jok, bengkel langganan untuk mengerjakan “proyek”, dll., di seantero kota atau secara online.

Untuk menekan biaya (kecuali lingkar stir, velg dan ban), maka dapat dipilih parts dan komponen modifikasi KW/ tiruan, misal: knalpot (agar fashionable pilih yang berbahan stainless steel), bahan pelapis jok, kaca film, body kits, perangkat sound system.

Mulai mengerjakan “proyek”, dengan mengerjakan sendiri apa yang bisa dan pergi ke bengkel-bengkel rujukan untuk pekerjaan yang butuh keahlian khusus, misal: bengkel jok, dst.

Saat mengerjakan “proyek” di bengkel rujukan, sebaiknya Anda ikut mengawasi pengerjaannya agar rapi dan tepat waktu serta sesuai dengan maksud dan kehendak Anda.


Menyelesaikan sampai tuntas semua pekerjaan modifikasi dengan cermat dan bertahap agar mobil Anda dengan tampilan baru dan segar, segera terwujud, dan saya ucapkan selamat! Kini Anda telah menjadi pribadi yang lebih berkharakter dan punya taste.


Selesai .


SEMOGA BERMANFAAT :)

About Mega Auto Film

Kami mega auto film adalah spesialist jasa pemasangan dan penjualan kaca film mobil di jakarta, moto kami memberikan pelayanan terbaik, tetap mengedepankan kualitas, bergaransi dan dengan harga terjangkau KAMI AHLI KACA FILM MOBIL YANG SELALU MEMBERI PELAYANAN TERBAIK UNTUK CUSTAMER KAMI,BERBEKAL PENGALAMAN DAN DI DUKUNG TEKNISI PROFESIONAL MENJADIKAN KAMI SELALU JADI PILIHAN KEPERCAYAAN BUYE.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP


LOKASI WORKSHOP

Name*


Message*

NEWSLETTER

THANKS FOR VISITING MEGA AUTO FILM CONTACT US (087875922422) Workshop: Pasar Mobil Kemayoran Blok J No 12 Jakarta Pusat

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Designed by Templatezy